Musyawarah Besar Assalam Sumbar ke-XXIV: Estafet Dakwah yang Berpindah Pundak

Foto Bersama Peserta Mubes ke-XXIV

Tak asing kita mendengar ungkapan setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya. Ini pasti terjadi pada setiap organisasi-organisasi yang ada. Waktu silih berganti yang menyebabkan kepengurusan suatu forum harus berganti juga. Sebagai estafet dalam organisasi, tak mungkin rasanya jika seseorang menjadi kepengurusan dalam organisasi untuk selamanya. Maka, keberlanjutan dari sebuah organisasi sangat diperlukan untuk melanjutkan program-program keberhasilannya.

Salah satunya Assalam Sumbar (Asosiasi Pelajar Islam Sumatera Barat). Sebuah forum yang mewadahi pelajar-pelajar islam di Sumatera Barat. Tepat beberapa pekan lalu, forum yang mewadahi pelajar islam di Sumatera Barat ini mengadakan kegiatan Musyawarah Besar (MUBES) ke XXIV Tahun 2023. Dimana kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya dengan tujuan tertentu. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 15 sampai 17 Desember 2023, pembukaan di hari pertama pada Jum’at oleh perwakilan dari KAMI (Ikatan Alumni) dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad hingga penutupan di hari ahad oleh ustadz Ramaril Azni, S.T selaku Pembina Assalam Sumbar, Dimana hari pertama dilaksanakan di Aula BKKBN Sumatera Barat kemudian hari kedua dan ketiga dilaksanakan di aula megah Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari tiap-tiap pengurus daerah, terdapat 17 kabupaten kota di Sumatera Barat yang mengutus perwakilannya, turut hadir juga alumni Assalam Sumbar, Pembina Assalam dari daerah dan unsur-unsur kepengurusan lainnya.

Seperti pada umumnya, mubes identik dengan sidang kepengurusan yang dipandu oleh presidium sidang dalam penyampaian laporan pertanggung jawaban kepengurusan selama satu periode. Mulai dari bidang syiar, dana dan usaha, kaderisasi, kesekretariatan, keputrian, sekretaris, bendahara hingga ketua umum. Antusiasme keaktifan bertanya peserta sidang dari berbagai daerah  mencerminkan dukungan yang kuat untuk keberlanjutan dakwah sekolah ini. Setelah penyampaian laporan pertanggungjawaban ketua umum, kemudian sesi diskusi dengan peserta sidang, dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART, TKO dan BPO, serta GBHO. Lalu, dilanjutkan dengan pembentukan tim formatur yang akan membahas serta menentukan pengurus inti Assalam Sumbar berikutnya, Dimana tim formatur ini terdiri dari Pembina Assalam Sumbar, dua perwakilan MPP (Majelis Pertimbangan Pengurus), empat perwakilan kepengurusan saat itu, dan satu orang perwakilan dari tiap tiap daerah. Tim formatur membahas siapa yang layak menjadi pengurus inti, disana membahas segala aspirasi, pendapat, masukan terkait calon kandidat, hingga di ambil Keputusan bersama siapa yang menjadi pengurus inti berikutnya.

Diakhir acara, pengumuman pengurus inti terpilih yang meneruskan perjuangan dakwah sekolah ini yang disampaikan oleh Ustadz Ramaril Azni,S.T selaku pembina, hasil dari rapat tim formatur tersebut yakni terpilihnya Ikhsan Pirmansyah dari Dharmasraya sebagai ketua umum Assalam Sumbar, Abdurrahman Almubasyir dari Agam sebagai sekretaris umum, Syarifah Rhodiyah dari Pasaman Barat sebagai bendahara umum, Refiana Nur Giffari dari Payakumbuh Lima Puluh Kota sebagai ketua keputrian, Fauzan Oktavionda dari Padang Pariaman sebagai koordinator kaderisasi, Fharid M Febrizan dari Sijunjung sebagai koordinator dana dan usaha, Revin Akbari.D dari Sijunjung sebagai koordinator syiar, Roza Amelya dari Pasaman Barat sebagai koordinator kesekretariatan, dan Zifana Natio Hutagalung dari Payakumbuh Lima Puluh Kota sebagai koordinator keputrian.

Pengurus Terpilih DPP Assalam Sumbar Periode 2023/2024

“Harapannya pengurus terpilih berikutnya bisa tetap berkontibusi penuh dengan ikhlas dalam mempererat ukhuwah antar sesama untuk mewujudkan pelajar-pelajar yang berakhlak mulia sesuai al-qur’an untuk menciptakan generasi emas mendatang”, ungkap Ustadz Ramaril Azni,S.T dalam penutupannya.