Kisah Mengikuti RADAR 3: Langkah Awal Dobrakan Pelajar Menjadi Pelopor Dakwah Sekolah

Foto Bersama Peserta Ikhwan

Dua hari dua malam membersamai ikhwahfillah hebat, manusia pilihan dari tiap-tiap kabupaten kota se-Sumatera Barat pada kegiatan Training Dasar (Radar) 3 Assalam Sumbar. Ada yang berasal dari Sijunjung, Payakumbuh Lima Puluh Kota, Agam, Kota Pariaman, dan penulis sendiri berasal dari kabupaten Dharmasraya. Assalam adalah singkatan dari Asosiasi Pelajar Islam, suatu organisasi yang mewadahi pelajar-pelajar islam di Sumatera Barat. Tersebar di 15 kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Traning Dasar 3 adalah kegiatan pengkaderan tertinggi di Assalam Sumbar untuk menyiapkan estafet berikutnya. Di adakan di gedung aula DPMD provinsi Sumatera Barat, dengan tema “Mencetak Pemimpin Rabbani yang Memiliki Intelektualitas Qur’ani”. Bagi penulis jarak yang jauh menuju lokasi tidak menjadikan alasan untuk surutnya semangat membara. Karena pada hakikatnya ini adalah proses pembelajaran, untuk bermetamorfosis menjadi lebih baik.

Sampai di penginapan ikhwan, Jum’at/9 Juni 2023 pukul 19.00 WIB sudah ada beberapa ikhwah yang sampai lebih dulu. Sampai disana, langsung tunaikan kewajiban, salat Magrib kemudian makan malam, tak lama kemudian adzan isya berkumandang di kota Padang, kami bergegas ke masjid untuk salat berjamaah. Pulang dari masjid, kita berkumpul, saling bercengkrama, bersenda gurau, dan saling memperkenalkan nama kasih sayang nya. Tujuannya, untuk mempererat ukhuwah. Tanpa disadari waktu sudah jamal, menunjukan pukul 22.45 WIB, pesan panitia pukul 23.00 WIB sudah tidur semua dan Handphone di kumpulkan.

Pukul 3.00 WIB kami diharuskan sudah bangun, kegiatan pertama salat tahajud berjama’ah kemudian langsung mandi untuk persiapan salat subuh berjama’ah di masjid. Akhirnya adzan subuh di kumandangkan, kami langsung bergegas jalan menuju masjid sambil berbincang-bincang. Pulang dari masjid, dilanjutkan agenda berikutnya membaca Al-ma’tsurat bersama-sama. Setelah itu, persiapan untuk menuju aula dpmd untuk pembukaan radar 3.

Hari pertama radar 3, Sabtu/10 juni 2023. Setelah sampai di aula dpmd, kami sarapan terlebih dahulu, setelah sarapan melaksanakan salat duha. Setelah Kembali ke ruangan, pembukaan pun dimulai, kata sambutan ketua pelaksana, ketua umum, dan dibuka oleh dewan pembina. Memasuki materi pertama “Halangan dan Tantangan Dakwah Sekolah” oleh ustad Ramaril Azni,S.T . Kemudian masuk materi kedua tentang “Amal Jama’I” yang disampaikan oleh bang Iqbal Tarigan. Dan masuk ke materi ketiga yaitu tentang “Prilaku LGBT” yang disampaikan oleh ust Akmal Ahmad. Kegiatan diselingi dengan ice breaking agar tidak membosankan. Tidak lupa setiap adzan dikumandangkan kami menuju masjid untuk salat berjamaah. Yang paling berkesan di hari pertama selain menerima materi yang luar biasa, penulis sendiri terpilih menjadi ketua kelas untuk dua hari. Tak terasa waktu semakin larut, kamipun Kembali ke penginapan. Sampai di penginapan, langsung makan malam dan salat isya berjamaah, lalu istirahat.

Hari kedua, Minggu/11 Juni 2023, seperti biasa bangun pukul 3.00 WIB langsung tahajud berjamaah dan persiapan salat subuh berjamaah ke masjid terdekat. Kemudian membaca al-ma’tsurat dan Bersiap_siap menuju aula DPMD. Sampai di aula kami langsung disuguhkan materi luar biasa lagi dengan tema “Lobi dan Negosiasi” oleh ust Akmal Ahmad , dan materi terakhir “Analisis SWOT” oleh Ust Taufiq Ismed.

Tak terasa waktu cepat berlalu, materi demi materi terselesaikan. Setelah selesai materi, kami diharuskan menyelesaikan soal-soal post test mengenai materi yang disampaikan. Kemudian ada pemilihan mas’ul dan mas’ulah. Mas’ul artinya seseorang yang memimpin Angkatan nya saat ini khusus Ikhwan dan mas’ulah khusus akhwat. Dan alhamdulillah penulis juga diberi Amanah untuk menjadi mas’ul Angkatan sekarang dengan nama angkatan Hazim Alfiros yang artinya Teliti dan Berfikir Tajam. Kemudian hal terakhir yang menjadi kesan bagi penulis sendiri yaitu penulis mendapatkan kategori peserta terbaik Ikhwan.

Rangkaian demi rangkaian selesai, akhir acara penutupan, dan kembali pulang ke daerah masing-masing. Harapan penulis sendiri dengan kegiatan ini semoga bisa menambah kekuatan hati kita untuk bisa melakukan dakwah sekolah, dengan mengharapkan ridho, cinta, Rahmat, dan pahala dari allah swt. Aamiin. 

Penulis: Ikhsan Pirmansyah (DPD Dharmasraya)